Anggota Koramil 1505-01/Tidore Bersama Masyarakat Lakukan Pembersihan Sampah Apung di Laut

TNI14 Dilihat

Tidore | Sabtu, 8 Juni 2024 – Anggota Koramil 1505-01/Tidore Kodim 1505/Tidore, bersama masyarakat Kelurahan Rum, Kota Tidore Kepulauan, kembali melaksanakan kegiatan pembersihan sampah yang terapung di laut. Kegiatan ini merupakan bagian dari program berkala yang rutin dilakukan, terutama selama musim hujan, dimana sampah sering kali terbawa arus dan menumpuk di wilayah pesisir.

Danramil 1505-01/Tidore, Mayor Inf Nasarudin Umasugi, menyatakan bahwa kegiatan ini adalah wujud nyata dari kepedulian TNI terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat. “Kami memahami betul bahwa sampah yang menumpuk di laut tidak hanya merusak pemandangan, tetapi juga dapat mengancam ekosistem laut dan kesehatan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Sejak pagi, puluhan anggota Koramil bersama masyarakat telah berkumpul di beberapa titik pantai yang menjadi lokasi penumpukan sampah. Dengan menggunakan Speed Boat dan alat kebersihan sederhana, mereka dengan semangat mengumpulkan sampah yang terdiri dari plastik, kayu, dan berbagai jenis limbah lainnya. Tak hanya itu, kegiatan ini juga melibatkan para nelayan setempat yang turut membantu proses pembersihan di area yang lebih jauh dari garis pantai.

Program pembersihan laut ini sudah menjadi agenda rutin Koramil 1505-01/Tidore setiap musim hujan. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi terhadap meningkatnya volume sampah yang terbawa arus laut. “Setiap tahun, saat musim hujan tiba, sampah dari berbagai sumber sering kali masuk ke wilayah perairan kita. Oleh karena itu, program ini sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kita,” tambah Mayor Inf. Nasarudin Umasugi

Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat setempat. Mereka merasa terbantu dengan adanya inisiatif dari Koramil dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Kami sangat berterima kasih kepada anggota Koramil yang selalu siap membantu. Dengan adanya kegiatan ini, laut dan pantai kami menjadi lebih bersih dan nyaman,” ujar salah seorang warga.

Selain pembersihan sampah, kegiatan ini juga dimanfaatkan sebagai ajang edukasi bagi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Para anggota Koramil memberikan sosialisasi tentang dampak buruk sampah terhadap lingkungan dan kesehatan, serta mengajak masyarakat untuk lebih peduli dalam mengelola sampah rumah tangga.

Dengan berjalannya program ini secara berkelanjutan, diharapkan masyarakat Tidore dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan laut dan pantai, serta bersama-sama mencegah pencemaran lingkungan. “Kami akan terus berupaya untuk menjaga kebersihan wilayah ini, dan kami berharap masyarakat juga terus mendukung dan terlibat aktif dalam setiap kegiatan yang kami lakukan,” tutup Mayor Inf Nasarudin Umasugi.

**(TNI AD, Penerangan Kodim 1505/Tidore | Andre)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *