banner 728x250
TNI  

TMAB Pertanian, Satgas pasang casing pipa sumur bor jaga kestabilan tanah

banner 120x600
banner 468x60

Kutai Kartanegara. investigasi88.com – Satuan penugasan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 122 yang dilaksanakan Kodim 0906/Kutai Kartanegara didesa Kertabuana, kecamatan Tenggarong Seberang, kabupaten Kutai Kartanegara (Selasa’ 22 Oktober 2024) masih berfokus pada pelaksanaan sasaran TNI Manunggal Air Bersih (TMAB) Pertanian.

banner 325x300

Salah satunya pada pelaksanaan TMAB Pertanian disektor empat kelompok tani Karya Usaha, desa Kertabuana yang saat ini masih dikerjakan oleh anggota satgas dan berfokus pada pemasangan casing pipa pada sumur bor yang berfungsi sebagai penahan dan penopang aliran sumur.

Casing pipa sumur bor adalah pipa baja berdiameter besar yang dipasang didalam lubang bor untuk melindungi dan menopang aliran sumur dan berfungsi untuk menjaga kestabilan lubang bor agar tidak runtuh, mencegah kontaminasi zona sumur air tawar, menutup zona bertekanan abnormal, menyediakan fondasi atas yang kuat untuk memungkinkan penggunaan cairan pengeboran berdensitas tinggi dan mencegah hilangnya cairan atau kontaminasi pada zona produksi.

Dikesempatan terpisah, Kapten Kav. Auro Eddy Zakaria, S.T.Han., M.H.I. saat berada di Posko TMMD mengatakan pemasangan casing pipa sumur bor merupakan hal yang harus dilakukan dengan disesuaikan ukuran diameter sumur bor untuk menjaga kestabilan tanah setelah dilaksanakan pengeboran.

“Saat ini anggota satgas berfokus pada pemasangan casing pipa sumur bor sektor ketiga didesa Kertabuana sebagai salah satu fasilitas pendukung dalam program TNI Manunggal Air Bersih (TMAB) Pertanian yang dirangkai pada pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 122 Kodim 0906/kkr”, tutup Kapten Auro.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *