Jadi Danrem 151/Binaiya, Kodam XVI Pattimura, Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva Diberi Arahan dari Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

TNI233 Dilihat

Jakarta – Sebuah kebanggaan yang paling hakiki dalam hati sanubari yang paling dalam dari Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva, S.IP., M.Han. yang saat ini menjabat sebagai Wakil Asisten Intelijen Kasad Bid.Jemen Intel, sejak 1 April 2024, sesuai dengan usulan Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. dalam sidang Wanjakti telah disetujui dan ditunjuk Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto sebagai Komandan Korem 151/Binaiya, Kodam XVI Pattimura untuk menggantikan Brigjen TNI Aminton Manurung.

Brigjen TNI Aminton Manurung sendiri telah dipromosikan oleh Panglima TNI menjadi Kepala Staf Kodam (Kasdam) II Sriwijaya. Brigjen Manurung menjabat sebagai Danrem 151 Binaiya sejak 16 Januari 2023 menggantikan Brigjen TNI Maulana Ridwan.

Mutasi itu tertuang dalam surat Keputusan Panglima TNI, Nomor Kep/382/IV/2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI tertanggal 1 April 2024, berdasarkan Sidang Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tertinggi (Wanjakti) pada 28 Maret 2024.
Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva. S.IP., M.Han adalah putra asli Timor Timur yang dulunya Provinsi Timor Timur tersebut saat masih bergabung dengan Negara Indonesia.
Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva. S.IP., M.Han. lahir di Viqueque, Timor Timur 17 Agustus 1968. Viqueque adalah sebuah kota kabupaten di pantai selatan Timor Timur 183 km dari Dili.

Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva. S.IP., M.Han adalah Putra Timor Timur kedua yang memperoleh pangkat Jenderal di tubuh TNI. Setelah Mayjen TNI Rui Fernando Guedes Palmeiras Duarte mencatatkan namanya sebagai Putra Timor Timur pertama yang menembus jajaran Perwira Tinggi (Pati) di TNI. Mayjen Duarte saat ini menjabat sebagai sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Pertahanan.

Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva. S.IP., M.Han. sendiri adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) Tahun 1992, seangkatan dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.M.Sc.
Sebelum ditunjuk menjadi Danrem 151/Binaiya, sejumlah jabatan pernah diemban suami dari Maya Sarinengsih ini, diantaranya Pabandya Pam Sinteldam VI/Mulawarman, Kasi Intel Korem 101/Antasari, Asops Satintel Bais TNI, Pamen Denma ( Dik Sesko TNI), Staf Ahli Pangdam IX/Udayana Bidang Ekonomi, Dosen Sesko TNI, Paban IV/Log Ditum Sesko TNI, Paban II/Evjianbangstra Sesko TNI, Pamen Denma Mabesad (Dik Lemhannas RI), dan sejak tahun 2022 ditunjuk menjadi Waasintel Kasad Bidang Jemen Intel.

Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva. S.IP., M.Han. karena mempertimbangkan atas aspek adalah prajurit yang Profesional, Humanis, memiliki wawasan luas dan komprehensif dari aspek militer maupun pengetahuan umum yang berkembang saat ini tentang “Global Situation, Regional Situation, Nacional Situation and Local Situation”, serta Geo Politik dan Geo Startegi.

Riwayat pendidikan kemiliteran Brigjen TNI Antoninho sendiri dimulai dari AKADEMI MILITER Tahun 1992, Sesarcabif, Dik PARA, Diklapa I, Diklapa II, Seskoad Tahun 2011, Sesko TNI Tahun 2017 dan Lemhannas RI Tahun 2021.
Selain itu, Da Silva juga memiliki pengalaman penugasan di Luar Negeri diantaranya Italia Tahun 2008, Swiss Tahun 2008, Brazil Tahun 2009 dan Cina Tahun 2017.

Profile Perwira Tinggi yang satu ini terkenal dengan Style Kacamata Hitamnya yang selalu melekat di mata sebagai ciri khas tersendiri sejak masih berpangkat Mayor Infanteri sampai saat ini, dan menurut argumentasinya bahwa Kacamata Hitam itu memiliki nilai taktis dalam kegiatan Militer dalam rangka untuk menjaga Kesehatan mata.

Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva. S.IP., M.Han. yang sering di sapa Brigjen Antonio ini selalu bekerja sesuai S.O.P yang berlaku dihadapkan pada tantangan tugas di Era Globalisasi dan Modernisasi saat ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *