banner 728x250
Daerah  

Pemkab Maybrat Melalui PJ Sekda Menyerahkan Pagu Anggaran APBD T.A 2025

banner 120x600
banner 468x60

Maybrat PBD – Penjabat (PJ) Sekda Maybrat, Ferdinandus Taa, SH, M.Si mewakili PJ Bupati Maybrat Vicente Campana Baay, S.IP menyerahkan Pagu Anggaran APBD T.A 2025 kepada perwakilan pimpinan perangkat daerah kabupaten Maybrat yang bertempat di Aula kantor Bupati Maybrat, Jln. Susumuk-Ayawasi distrik Aifat kabupaten Maybrat, provinsi Papua Barat Daya. Rabu (23/10/24).

Kegiatan tersebut di ikuti oleh perwakilan pimpinan perangkat daerah kabupaten Maybrat beserta seluruh kepala OPD dan kepala distrik di lingkungan pemerintah kabupaten Maybrat.

banner 325x300

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plt Kepala Bapeda kabupaten Maybrat, Sepnat Frasawi, SE., M.Si, Kepala Badan Keuangan kabupaten Maybrat, Onafia D Sraun S.E, Asisten I bidang pemerintahan kabupaten Maybrat Dra. Yohana Iek, Kepala inspektorat kabupaten Maybrat, Ensemy Stevy Mosso, bersama seluruh kepala OPD dan kepala Distrik di lingkup pemerintah kabupaten maybrat.

Pada Penyerahan pagu anggaran APBD T.A 2025 oleh PJ Sekda Maybrat Ferdinandus Taa, SH, M.SI dan di dampingi oleh kepala Bapeda, Sefnat Frasawi, S.E, M.Si bersama Asisten 1 bidang pemerintahan kabupaten Maybrat, Dra, Yohana Iek.

Selanjutnya menurut PJ Sekda Maybrat Ferdinandus Taa, SH, M.SI saat membacakan sambutan PJ Bupati Maybrat menyampai bahwa ada beberapa arahan penting yang harus kita ketahui bersama bahwa salah satu indikator utama dalam upaya kita untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih adalah dengan pencapaian nilai pada 8 Area Monitoring Center for Prevention (MCP) yang diawasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Untuk itu, saya sangat berharap, agar Kabupaten Maybrat dapat terus berupaya untuk meningkatkan nilai MCP ini pada tahun 2025. Hal ini harus menjadi perhatian kita semua, terutama bagi OPD yang memiliki tugas dan fungsi strategis dalam area tersebut. Untuk itu Mari kita tingkatkan kinerja dan integritas kita dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan,”Harapannya.

Kemudian dari Hasil laporan Pemeriksaan (LHP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), khususnya terkait surat-menyurat dan pengembalian anggaran ke Kas daerah oleh OPD yang menjadi sorotan, untuk itu saya minta kepada seluruh OPD yang terkait agar segera menindaklanjuti hal ini dengan serius. Karena nantinya setiap temuan dari BPK harus segera diselesaikan agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari demi menjaga akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah agar lebih baik lagi,” ujar Ferdinandus Taa.

Kemudian terkait Realisasi Anggaran, Terutama Dana Otsus ada beberapa poin yang juga sangat penting terkait dengan realisasi anggaran, khususnya Dana Otonomi Khusus (Otsus). Untuk itu OPD terkait harus segera menyerap anggaran ini sesuai peruntukannya, guna memastikan bahwa realisasi anggaran dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran, saya juga menyarankan agar seluruh OPD harus sering melakukan konsultasi dengan pihak keuangan. Sehingga dengan demikian, setiap dana yang digunakan dapat dipertanggung jawabkan dengan baik dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Terkait dengan Dana PFK (Pemotongan Fasilitas Kesejahteraan) yang saat ini masih berada di rekening masing-masing OPD, saya minta agar dana tersebut tidak ditarik atau di ambil secara sembarangan. Karena dana ini merupakan hak-hak ASN, termasuk iuran wajib pegawai, iuran tabungan perumahan, iuran pensiun pada PT Taspen (Persero), iuran jaminan kesehatan BPJS, serta iuran beras dari Bulog. Oleh karena itu, kita semua harus memastikan bahwa hak-hak ini dapat terpenuhi dengan baik dan tepat waktu.

Mengakhiri sambutan ini, saya ingin menyampaikan bahwa pagu anggaran APBD Tahun Anggaran 2025 telah disiapkan dan akan diserahkan kepada masing-masing OPD. Untuk itu sekali lagi saya berharap agar anggaran ini dapat digunakan secara efisien, efektif dan akuntabel. Untuk itu mari kita bekerja sama dengan penuh tanggung jawab guna memajukan pembangunan di Kabupaten Maybrat serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” Harapannya.

Menutup seluruh rangkaian kegiatan tersebut diakhiri dengan penyerahan Pagu dana APBD Tahun anggaran 2025 secara simbolis oleh PJ Sekda maybrat, Ferdinandus Taa, SH, M.SI, kepada kepala keuangan kabupaten Maybrat, kepala inspektorat kabupaten Maybrat dan kepala Bapedda kabupaten Maybrat,” tutupnya.

*Nehaf Sau Baunot Sau*

(Tim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *