banner 728x250
Daerah  

PJ Bupati Maybrat Hadiri Debat Publik Pertama Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Maybrat

banner 120x600
banner 468x60

Kota Sorong PBD – Penjabat (PJ) Bupati Maybrat, Vicente Campana Baay, S.IP menghadiri Debat Publik Pertama bagi pasangan calon Bupati dan wakil bupati kabupaten Maybrat Wilayah provinsi Papua Barat Daya yang bertempat di Vega Prime-Hotel Convention Sorong, Jl. Frans Kasiepo, kelurahan Malaingkedi, distrik Sorong Utara, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya. Rabu (25/10/24).

Melalui Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maybrat dengan menggelar debat publik pertama calon Bupati dan Wakil Bupati Maybrat tahun 2024. Debat ini menjadi ajang penting bagi tiga pasangan calon (Paslon) yang akan memimpin di kabupaten Maybrat dalam lima tahun ke depan, guna menyampaikan visi, misi, serta program kerjanya di hadapan masyarakat dan disiarkan langsung melalui iNewsTv.

banner 325x300

Debat publik perdana Pilkada Kabupaten Maybrat 2024 dengan Mengusung tema “Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan dan Pembangunan yang Efektif dan Berkeadilan Menuju Kabupaten Maybrat yang Maju dan Unggul,” acara ini menghadirkan tiga paslon, yakni Kornelius Kambu dan Zakheus Momao (KORZA) di nomor urut satu, selanjutnya Agustinus Tenau dan Marthen Howay (AMAN) di nomor urut dua dan Karel Karel Murafer bersama Ferdinando Solossa (MUSA) di nomor urut tiga.

Dengan melalui debat publik yang berlangsung dari sore hari hingga malam itu tampak dihadiri oleh PJ Bupati Maybrat Vicente Campana Baay S.IP bersama sekda Maybrat Ferdinandus Taa dan tokoh penting lain di antaranya komisioner KPU Papua Barat Daya, jajaran Forkopimda Maybrat, hingga Kapolres Maybrat serta di hadiri juga oleh Tiga panelis ternama di provinsi Papua untuk dapat memandu jalannya acara debat dan mempersiapkan pertanyaan strategis. Ketiga panelis tersebut yaitu Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA, Ketua Program Doktor Ilmu Manajemen Universitas Cenderawasih, Dr. Ferdinand Risamasu, SE, M.Sc, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih serta Dr. Ir. Agus Sumule, dosen di Universitas Papua (UNIPA) yang juga pakar sosial-ekonomi pertanian.

Selanjutnya menurut Ketua KPU kabupaten Maybrat, Dominggus Isir, saat di temui awak media mengatakan bahwa debat kandidat ini memiliki tujuan utama untuk memberi ruang bagi setiap paslon dalam mengungkapkan visi dan misi kepada masyarakat,”Kesuksesan debat ini adalah hasil dari kerja keras bersama, baik itu dari KPU, TNI-Polri maupun dukungan juga dari masyarakat kabupaten Maybrat. Sehingga dengan debat ini nantinya diharapkan dapat mampu memfasilitasi masyarakat dalam memilih pemimpin yang tepat untuk dapat membawa perubahan bagi Kabupaten Maybrat,” ungkapnya.

Lanjut Dominggus, bahwa proses seleksi panelis dilakukan secara ketat sehingga dapat memastikan kualitas debat.

“Ketiga panelis ini punya kompetensi yang mampu untuk menilai dan menggali gagasan dari tiap paslon,” tegasnya.

Dirinya juga menghimbau agar setiap kandidat dan masyarakat agar tetap menjaga kedamaian dan demokrasi yang baik sehingga dalam proses pemilihan ini dapat berlangsung dengan aman dan damai.

Di tengah suasana kompetitif, ketiga pasangan calon memaparkan gagasan mereka terkait tata kelola pemerintahan yang efektif serta pembangunan yang adil untuk seluruh lapisan masyarakat di Maybrat. Paslon nomor urut satu, Kornelius Kambu dan Zakheus Momao, berfokus pada peningkatan sektor infrastruktur sebagai dasar kemajuan ekonomi daerah, serta berkomitmen terhadap transparansi pemerintahan.

Selanjutnya KPU kabupaten Maybrat juga telah mengagendakan untuk debat kedua yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 November 2024 di Kabupaten Maybrat. Sehingga dengan Debat lanjutan ini diharapkan semakin dapat memperdalam pemahaman publik tentang visi dan misi dari para paslon, sehingga dapat memilih pemimpin yang benar-benar memahami dan berkomitmen membangun Maybrat.

Dengan tahapan debat yang berlangsung, diharapkan masyarakat Maybrat akan semakin bijak dalam menentukan pilihannya pada Pilkada mendatang, demi terciptanya pemimpin yang mampu membawa perubahan positif bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Maybrat.

(Tim/Red)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *